Senin, 08 Desember 2014

Pengantar Bisnis (Bagian ke 10)

v  Tempat dan Kedudukan Perusahaan
Merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketepatan pemilihan letak dan tempat perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga, baik dalam kaitannya dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan maupun dalam kaitannya dengan efisiensi biaya produksi. Dengan demikian, letak dan kedudukan perusahaan harus diputuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap, ditinjau dari aspek ekonomi maupun aspek teknis.
v  Tempat Kedudukan Perusahaan
Adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi  faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.
v  Letak Perusahaan
Adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efiseinsi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya adalah :
§  Harga bahan mentah/bahan pembantu
§  Tingkat upah buruh
§  Tanah
§  Pajak
§  Tingkat bunga
§  Biaya alat produksi tahan lama
§  Biaya atas jasa pihak ketiga

v  Jenis-jenis Letak Perusahaan
Letak perusahaan dibedakan menjadi empat bagian yaitu :
·         Terikat keadaan alam
·         Terikat sejarah
·         Terikat oleh pemerintah
·         Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi

·         Terikat keadaan alam : Letak perusahaan yang terikat alam pada umumnya karena ketersedian dan kemudahan bahan baku. Perusahaan yang berkaitan dengan bahan –bahan tambang pada umumnya terletak di daerahfaktor produksi alamnya, seperti timah, emas, minyak bumi, dan sebagainya.

·         Terikat Sejarah : Dalam hal ini perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Sebagai contoh, perusahaan batik banyak didirikan di Solo dan Yogyakarta.

·         Letak Perusahaan yang ditentukan Perusahaan : Dalam hal ini pemerintahlah yang berhak menentukan dimana perusahaan menjalankan aktivitasnya. Ditentukan berdasarkan pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dan sebagainya.


·         Letak Perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi : Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri. Disini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan. Faktor-faktor yang berpengaruh penting dalam kaitannya dengan pemilihan letak perusahaan yang bersifat industri adalah kedekatan dan ketersediaan bahan mentah, ketersediaan tenaga air, ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, kemudahan transportasi serta kedekatan pasar, dan kesesuaian iklim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar