Rabu, 03 Desember 2014

Pengantar Bisnis (Bagian ke 9)

Kesempatan Bisnis/Usaha
Dalam dunia bisnis, setiap peluang dan kesempatan yang datang haruslah dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat menghasilkan sebuah keuntungan. Baik dari segi financial maupun juga dari konektivitas yang terjalin dengan rekan bisnis lainnya. Namun untuk menciptakan peluang bisnis juga dibutuhkan keinginan yang kuat serta kreativitas yang tinggi untuk menjalankan bisnis yang digeluti.
Unsur-unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi
·         Keinginan Manusia
Keinginan manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas manusia karena memiliki keinginan yang dapat membuat mereka berpikir keras untuk memenuhi keinginan tersebut.Seperti keinginan untuk berhasil di dunia bisnis. Manusia akan mencari cara agar produk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Manusia akan mencari cara bagaimana agar suatu produk yang ia buat dapat diterima dengan baik dikalangan masyarakat.
Dilihat dari segi Kebutuhan Keinginan manusia dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
·         Keinginan Pokok, adalah suatu keinginan yang harus segera dipenuhi dan merupakan suatu kebutuhan utama. Contoh : Makanan dan minuman, pakaian tempat tinggal. Sering disebut sandang,pangan,dan papan.
·         Keinginan Tambahan, adalah keinginan selain keinginan pokok. Contoh : Handphone, Mobil, Motor, dan benda lainnya.
Seiring dengan perkembangan zaman, peradaban, kebudayaan, ilmu dan juga teknologi sekarang keinginan manusia semakin bertambah besar dan luas. Tidak hanya keinginan pokok tetapi keinginan tambahan juga ikut bertambah dan beragam.
·         Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan suatu nilai yang memiliki potensi atau unsur dalam suatu kehidupan. Sumber daya dapat berubah dan juga menghilang. Sumber daya juga merupakan hal terpenting dalam aktivitas ekonomi, karena meruakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi. Sumber daya ada yang telah disediakan oleh alam juga yang dibuat oleh manusia itu sendiri.
·         Cara-cara Berproduksi

Cara pembuatan barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang-barang dan atau jasa-jasa apa yang harus di produksi, berapa banyak barang atau jasa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga mencapai pembiayaan yang minimal. Hal tersebut adalah termasuk bidang ekonomi dan merupakan pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli dalam bidang ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar