Senin, 24 November 2014

Pengantar Bisnis (Bagian ke 7)

Mengapa Kita Perlu Belajar Bisnis ?
Bisnis adalah usaha untuk menjual suatu barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekolompok orang atau pun organsasi kepada konsumen dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba. Bisnis sangat berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. Karena hampir setiap hari kita melakukannya. Jika kita pandai dalam berbisnis atau menjual suatu barang maka otomatis kita juga akan memperoleh keuntungan. Jika kita memperoleh keuntungan contohnya seperti uang. Dan jika mendapat uang, maka bisa kita gunakan untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari kita.
            Kebutuhan hidup dan keinginan manusia terhadap segala sesuatu baik barang maupun jasa yang menjadikan alasan utama mengapa bisnis itu ada dan mengapa ilmu bisnis itu di perlukan bagi setiap orang. Pengetahuan dalam berbisnis merupakan salah satu modal yang harus dimiliki setiap individu guna memperlengkap kemampuan-kemampuan mereka dalam menghadapi era globalisasi. Oleh karena itu para pembisnis harus banyak belajar guna mempersiapkan diri menghadapi persaingan bisnis di era globalisasi ini yang semakin berat.


Hakikat Bisnis
Ø     Hakikat Bisnis adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.

Ø     Hakikat bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Businessman (seorang pebisnis) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si pebinisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.

Seorang bisnisman atau wirausahawan akan melihat kebutuhan masyarakat lingkungannya.Upaya ini merupakan proses mengidentifikasi potensi bisnis, bahkan dalam hal ini biasanya diikuti dengan perkiraan atau antisipasi atas pertumbuhan potensi pasar tersebut di masa datang. Disamping itu juga akan memperhitungkan adanya persaingan yang timbul dari pengusaha lain yang juga bergerak dalam melayani kebutuhan pasar yang sejenis. Disisi lain pengusaha haruslah memikirkan tersedianya sumber daya serta sumber dana besrta dengan cara yang sebaik-baiknya guna melayani kebutuhan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar