Rabu, 25 Maret 2015

Menurunnya Kualitas SDM di Indonesia


Topik : Peta Perekonomian Indonesia

Sumber daya manusia adalah suatu potensi yang ada di dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya yaitu sebagai makhluk sosial yang mampu mengelola dirinya sendiri dan juga seluruh potensi yang ia miliki untuk mencapai kesejahteraan dalam kehidupan dan juga kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Kemampuan setiap manusia dapat ditentukan oleh daya fikir dan daya fisiknya. SDM menjadi unsur utama dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Peralatan yang handal atau canggih sekalipun tanpa peran SDM, tidak berarti apa-apa. SDM sangat perlu untuk dikembangkan dan lebih diasah lagi di jaman yang semakin berkembang ini. Karena perekonomian di dunia pasti akan terus menerus bersaing dan berkembang dengan hal-hal lainnya yang tentu saja dapat mengancam kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Kadin: Kualitas SDM Indonesia Menurun
Rabu, 29/05/2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia menurun. Ketua komite tetap sertifikasi kompetensi tenaga kerja Kadin Indonesia Sumarna F Abdurrahman mengatakan, pada tahun 2010 lalu, Bank Dunia (World Bank /WB) mengumumkan studi penelitian bahwa dari 1.000 perusahaan Indonesia, bahwa 60 persen dari perusahaan-perusahaan itu membutuhkan peningkatan kemampuan di level posisi pekerjaan seperti manajer, direktur atau tenaga profesional.

Sedangkan untuk level posisi pekerjaan di bawahnya, persentase (kebutuhan peningkatan kemampuan) lebih rendah. “Ini menunjukkan semakin mundurnya kualitas SDM Indonesia,” ujarnya saat diskusi Kadin mengenai SDM di Jakarta, Rabu (29/5).  
Dia menyebutkan, angka pengangguran di Indonesia memang berkurang. Dia menggambarkan, pengangguran terdidik dengan tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sampai Politeknik memang menurun tetapi persentasenya masih tinggi yaitu 20 sampai 25 persen.
“Ini menunjukkan ada gap dunia kerja dan pendidikan di Indonesia tidak menunjukkan perubahan dalam satu dekade ini dan tidak mampu menjawab (kebutuhan) dunia usaha,” ucapnya.

Sebenarnya, ujar Sumarna, undang-undang (UU) nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) sudah mengarah ke perubahan itu. Hanya saja, tambahnya, komunikasi belum terselenggara dengan baik. Untuk itu, pihaknya ingin melakukan perubahan paradigma dari supply driven ke demand driven.
Dia menjelaskan, salah satu caranya yaitu pelatihan berbasis kompetensi. “Kadin Indonesia mendorong komunikasi, dan ingin meningkatkan pengembangan kompetensi melalui Pengembangan standar kompetensi, kurikulum kompetensi, dan sertifikasi kompetensi,” ucapnya.

Sumber: Republika.co.id 
Menanggapi bacaan diatas menyatakan bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menurun. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Bank Dunia (World Bank) 60 persen dari perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia ini membutuhkan peningkatan kemampuan baik pada posisi sebaga manajer, direktur, atau tenaga professional maupun posisi yang berada dibawah itu sekalipun. Angka pengangguran di Indonesia memang sudah berkurang atau pun menurun namun presentasenya masih cukup tinggi yaitu 20 sampai 25 persen yang merupakan para pengangguran terdidik dengan tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sampai Politeknik. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada perekonomian di Indonesia.

Dari bacaan diatas solusi dari masalah pada berita sebelumnya adalah dengan lebih meningkatkan lagi SDM yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia karena dunia pasti akan terus berkembang dan jika kita tidak peka terhadap segala perkembangan jaman, bukan tidak mungkin kita justru akan tergerus dan tentu saja hal itu pasti tidak di inginkan. Setiap umat manusia pasti berkeinginan untuk dapat menjalani kehidupan tanpa adanya tekanan atau rasa takut. Oleh karena itu pemerintah juga harus ikut berperan dalam proses meningkatkan SDM yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, contohnya dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang dapat membantu masyarakat untuk lebih mengembangkan dan menambah wawasan mereka agar dapat lebih meningkatkan SDM yang dimiliki oleh mereka masing-masing.

Daftar Pustaka:
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/13/05/29/mnjte2-kadin-kualitas-sdm-indonesia-menurun

Pasaribu Rowland Bismark Fernando. 2012. Bahan Ajar Peta Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma, Kenari.

1 komentar: