Minggu, 22 Maret 2015

Mulai Berkembangnya Industri Pertransportasian di Indonesia

Topik : Perkembangan Strategi dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi di Indonesia


Perencanaan adalah suatu proses untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan pada masa depan dengan tepat melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia. Perencanaan pembangunan ini disusun dengan maksud untuk melakukan efisiensi yaitu mencegah terjadinya pemborosan karena kegiatan-kegiatan yang kurang tepat. Selain itu juga agar terciptanya efektifitas dalam pencapaian tujuan pembangunan.
Proyek Bappenas, Menteri Andrinof Cek Pesawat N-219 di PTDI
Jumat. 27/02/2015
TEMPO.CO, Bandung - MenteriPerencanaan Pembangunan Nasional/KepalaBadan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago menyatakan pemerintah mendukung pengembangan pesawat terbangbuatan PT Dirgantara Indonesia. Untuk itu, pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp 400 miliar yang dialokasikan sejak tahun lalu.

Anggaran tersebut, menurut Andrinof, belum dikucurkan karena masih menunggu kesiapan PT Dirgantara Indonesia. Ada beberapa pesawat yang dikembangkan yaitu N-219, N-245, dan N-270. "Pesawat N-219 ada dalam rencananBappenas," katanya dalam kunjungan kerja ke kompleks PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 27 Februari 2015.

Pesawat N-219 berkapasitas 19 penumpang yang seluruhnya bikinan Indonesia. Saat ini pembuatan prototipe N0219 sudah 90 persen selesai. Pesawat tersebut dirancang sejak 2007 yang merupakan proyek bersama antara PT Dirgantara Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Dalam kunjungan itu, Andrinof yakin PT Dirgantara Indonesia mampu bersaing dengan produsen raksasa dunia dalam memproduksi pesawat terbang. "Dari sisikomersial, PT Dirgantara sudah sesuai dengan kebutuhan dan peluang yang ada di Indonesia," ujarnya.

Andrinof juga menyatakan, Bappenas akan mengkaji peran swasta bila dibutuhkan dalam pengembangan pesawat N-219. "Kami akan mengkaji, mana yang bisa dilakukan dengan skema swasta atau pemerintah," katanya.

PT Dirgantara Indonesia, Andrinof menambahkan, sempat mencapai masa kejayaan pada 1990-an. Namun sayang, krisis moneter membuat bisnis ini sempat redup.

PresidenJoko Widodo sempatberkunjungke PT Dirgantara Indonesia pada Januari 2015. Jokowi meminta perusahaan agar berfokus mengembangkan pesawat N-219. Pesawat ini dinilai memiliki pasar yang cerah. Namun Jokowi sempat meminta perusahaan mengembangkan pula pesawat berpenumpang 30 orang yang diminati pasar.

Pesawat N-219 berbaling-baling ini direncanakan akan resmi mengudara pada tahun 2017. Pesawat itu ditujukan untuk penerbangan perintis dengan karakteristik landasan pacu pendek dan tidak rata.
Sumber : tempo.co
            Menanggapi bacaan diatas perencanaan pembangunan nasional saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat baik dalam berbagai bidang. Dalam bacaan diatas pemerintah mendukung pengembangan pesawat terbang buatan PT. Dirgantara Indonesia. Dan untuk mendukung hal itu pemerintah telah menyediakan anggaran khusus yang telah dialokasikan sejak tahun lalu. Hal ini tentu saja memberikan banyak manfaat diantaranya yaitu dapat mengembangkan industri pertransportasian dalam negeri ini. Bangsa Indonesia juga mampu untuk mengembangkan segala potensi yang ada asalkan didukung oleh berbagai pihak yang terkait seperti pemerintah.
            Dari bacaan diatas menurut saya sudah merupakan hal yang yang baik. Yaitu pemerintah telah memberi dukungan kepada industri pertansportasian yang ada di Indonesia. Bangsa kita juga sudah mampu untuk memproduksi pesawat sendiri, hanya saja ruang lingkupnya mungkin belum sebesar negara lain yang terkenal sudah hebat dalam perindustrian tersebut. Tetapi yang terpenting juga ialah para pelaku industri harus benar-benar memanfaatkan apa yang telah diberikan oleh pemerintah, tidak untuk disalahgunakan. Karena hal ini juga akan memberikan dampak yang cukup besar untuk perencanaan pembangunan yang ada di Indonesia khususnya dalam bidang pertansportasian.
DaftarPustaka :
Pasaribu Rowland Bismark Fernando. 2012. Bahan Ajar Perkembangan Strategi dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi di Indonesia. FakultasEkonomi. UniversitasGunadarma, Kenari.
https://andamifardela.wordpress.com/2011/03/30/strategi-dan-perencanaan-pembangunan-indonesia-di-masa-yang-akan-datang/
http://www.tempo.co/read/news/2015/02/27/092645832/Proyek-Bappenas-Menteri-Andrinof-Cek-Pesawat-N-219-di-PTDI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar