Kamis, 26 Maret 2015

Pendapatan Per Kapita Indonesia Bisa Mengalami Peningkatan

Topik: Struktur Produksi, Distribusi, Pendapatan, Kemiskinan

Pendapatan adalah hasil kerja keras kita yang kita dapat karena apa yang kita kerjakan. Pendapatan dapat pula di hitung nasional di sebut pendapatan nasional, dan juga dapat di hitung perkapita di sebut pendapatan per kapita. Pendapatan di indonesia menurut saya sebenarnya masih kecil jika di banding dengan negara lain. UMR yang ada masih terbilang kurang jika dengan kebutuhan di Indonesia. Tingkat konsumsi di Indonesia yang tinggi dan harga pangan yang mahal juga berpengaruh terhadap kecilnya pendapatan di Indonesia. Pendapatan perkapita di Indonesia umumnya dari kisaran 1,2 juta – 50 juta keatas. Dan pendapatan ini yan g membuat kesenjangan di antara masyarakat. Jadi, PR untuk pemerintah adalah membantu untuk menaik kan pendapatan bagi masyarakat dan memberikan kehidupan yang layak.

2014, Pendapatan Per Kapita Indonesia 5.000 Dolar AS

Rabu, 26 Maret 2015


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) optimistis pendapatan per kapita Indonesia pada akhir 2014 dapat mendekati 5.000 dolar AS. Hal tersebut diharapkan dapat tercapai seiring meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia.

"Pendapatan per kapita Indonesia meningkat signifikan. Akhir 2014, pendapatan per kapita akan mendekati 5000 dolar AS," ujar SBY dalam Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-68, Jumat (16/7).

Jumlah pendapatan per kapita Indonesia mengalami peningkatan dari 1.100 dolar AS per kapita per tahun di 2004 menjadi 3.592 dolar AS di 2012. Ekonomi Indonesia juga dapat tumbuh pada kisaran 6 persen serta pengangguran dapat berkurang. "Semua capaian ini terjadi karena kita berhasil menyatukan tekad untuk menemukan solusi dari masalah yang kita hadapi," ujar SBY.

Pemerintah terus berupaya memajukan perekonomian Indonesia dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan menjaga ruang ekspansi yang terukur. Salah satu konsep yang diusung adalah Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). "Melalui MP3EI, kita mengakselerasi pembangunan infrastruktur. Tujuannya membangun konektivitas nasional," ujar dia.

Menanggapi bacaan diatas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) optimis bahwa pendapatan per kapita Indonesia pada akhir 2014 dapat mendekati 5.000 dolar AS. Hal ini di karenakan pendapatan per kapita terus mengalami peningkatan. Meskipun perekonomian di Indonesia juga sering mengalami penurunan tetapi hal itu tidak menjadi penghalang asalkan kita mau berjuang bersama untuk terus meningkatkan perekonomian di negara ini. Semuanya itu dapat tercapai jikalau ada kerja sama antara masyarakat dan juga pemerintah. Banyaknya pengangguran yang berada di negara ini harus segera dapat diatasi atau pun dikurangi.


Dari bacaan diatas solusi yang dapat diberikan adalah dengan lebih meningkatkan lagi perkembangan perekonomian di Indonesia agar pendapatan per kapita di negara ini juga bisa terus meningkat. Kembali lagi di tekankan hal itu dapat tercapai jika dari masyarakat dan juga pemerintah itu sendiri saling bekerja sama dalam mengembangan perekonomian di negara ini. Peran pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk mengawasi dan memimpin seluruh kegiatan ekonomi yang berlangsung di negara ini. Pemerintah juga harus tegas menindak jika ada pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan sebuah kecurangan yang dapat merugikan satu pihak bahkan pihak lainnya.


Daftar Pustaka :


http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/13/08/16/mrlu8j-2014-pendapatan-per-kapita-indonesia-5000-dolar-as

Pasaribu Rowland Bismark Fernando. 2012. Bahan Ajar Struktur produksi, distribusi, pendapatan, kemiskinan. Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma, Kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar